PPID Juga Perlu Kuasai Keamanan Digital

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)  adalah pejabat yang bertugas dan bertanggung jawab melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi berdasarkan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dalam menjalankan tugasnya saat ini, PPID juga akan bersentuhan dengan dunia digital. Oleh karena itu penguasaan literasi digital menjadi hal yang diperlukan oleh PPID, salah satunya adalah Keamanan Digital karena banyak risiko dan ancaman di dunia digital yang perlu diwaspadai.

Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), mengadakan kegiatan Penilaian Mandiri Keterbukaan Informasi Publik (PMKIP) di Kemendikbudristek Tahun 2024 yang ditujukan bagi seluruh PPID Kemendikbudristek meliputi PPID Unit Utama, PPID Unit Pelaksana Teknis, PPID Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi, dan PPID Perguruan Tinggi Negeri Vokasi. Salah satu materi yang disampaikan dalam pengantar kegiatan ini adalah Keamanan Digital dengan mengundang ICT Watch sebagai pemateri.

Bersama Abdul Rahman Mamum (Ketua Komisi Informasi 2011-2013) yang memaparkan materi terkait kondisi Keterbukaan Informasi di badan publik, Indriyatno Banyumurti mewakili ICT Watch memberikan materi tentang keamanan perangkat digital yang menjadi fundamental dalam isu keamanan digital. Peserta diajak memahami risiko-risiko yang mengancam keamanan digital mereka secara personal yang dapat berdampak pada keamanan digital di tingkat organisasi. Selain itu, peserta juga diajak untuk memeriksa keamanan digital, sekaligus mempraktikkan bagaimana untuk meningkatkan keamanan digital mereka seperti memeriksa apakah email pernah bocor di internet, membuat password yang kuat, mengaktifkan otentifikasi dua langkah (2FA), mengetahui risiko penggunaan wifi publik dan sebagainya

Para peserta menyampaikan apresiasinya saat acara usai dengan menceritakan pengalaman mereka terkait keamanan digital serta mengungkapkan banyak hal baru yang mereka dapatkan di sesi tersebut. Lebih dari 200 peserta yang berasal dari unit kerja PPID di bawah Kemendikbudristek seluruh Indonesia mengikuuti kegiatan ini baik secara luring maupun daring.

Untuk materi keamanan digital yang disampaikan dapat diunduh di tautan berikut:

Komentar