Jadilah Warga Digital yang Sigma, Jangan Berperilaku Skibidi


Jejak Digital sifatnya abadi, selalu perhatikan jejak digital saat beraktivitas di internet. 
Once you've posted online, you can never take it back

Tanggal 28 Agustus 2024, ICT Watch diundang SMP Al-Azhar 2 Pejaten Jakarta untuk berbagi dengan siswa-siswi kelas VIII tentang "Membangun Karakter Cerdas Beradab di Media Sosial". Ibu Annisa Septia, koordinator kegiatan ini, menyampaikan bahwa saat ini siswa kelas VIII sudah mulai aktif menggunakan media sosial, oleh karena itu perlu disampaikan kepada mereka agar dapat lebih bijak menggunakan media sosial.

Indriyatno Banyumurti, sebagai perwakilan dari ICT Watch, menyampaikan materi yang bertajuk "Be An Awesome Digital Citizen" di kegiatan ini. Ada 3 pilar utama untuk menjadi warga digital yang baik:

1. Berpikir Kritis

Menjadi warga digital penting untuk dapat berpikir kritis, baik dalam menerima atau menyampaikan informasi. Saat menerima informasi perlu disaring mana informasi yang baik dan buruk, serta mana informasi yang benar dan hoaks. Para siswa juga diajak untuk berpikir kritis saat memberikan informasi di dunia digital, karena itu akan menjadi jejak digitalnya. Jejak digital bersifat abadi, dan bisa berpengaruh pada masa depan kita. Think Before Posting.

2. Berperilaku Aman

Kita juga harus memikirkan bagaimana agar kita dapat aman di dunia digital. Menggunakan password yang kuat, mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor (Two Factor Authentication/2FA), menghindari oversharing terutama terkait data pribadi dan sebagainya. Termasuk berhati-hati saat menggunakan WiFi Publik, karena jika sembarangan maka data kita rentan untuk diambil

3. Bertanggungjawab

Kita pun harus bertanggung jawab dengan tingkah laku kita di dunia digital. Miliki sifat empati, dengan mengenali lawan bicara kita dan menempatkan diri kita dalam posisinya. Dari situ kita bisa menghindari tindakan seperti cyberbully yang terkadang dilakukan tidak sengaja seperti bercanda. 


Kegiatan ini diikuti antusias oleh 120 siswa/siswi kelas VIII SMP Al-Azhar 2 Pejaten. Banyak hal yang disampaikan terkait dengan keseharian mereka di dunia digital. Semoga materi ini bisa mendorong mereka untuk menjadi Warga Digital yang Sigma, bukan Skibidi....

Materi yang disampaikan dapat diakses di sini:

Be An Awesome Digital Citizen by Indriyatno Banyumurti


Komentar