Duta Humas Pramuka Jawa Tengah Belajar Keamanan Digital



Makan kupat enakanya pake petis
Maen internet harusnya bisa berpikir krits

Itu yang sampaikan sebagai penutup pada sesi Bimtek Duta Humas Pandu Citraloka yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah secara daring pada tanggal 19 Juli 2024. Kegiatan ini mengambil tema terkait keamanan digital, dimulai dengan diskusi terkait pengalaman para peserta yang pernah mengalami kejadian terkait keamanan digital, dan ternyata banyak peserta yang menyampaikan beragam kejadian yang pernah mereka alami. Mulai dari akun media sosialnya yang diretas, emailnya yang tidak bisa diakses lagi, sampai kehilangan dana di dompet digitalnya.

Phishing menjadi metoda yang paling banyak dilakukan para pelaku kejahatan di dunia digital untuk dapat mencuri data pribadi (Nama, NIK, Nama Ibu Kandung dll) maupun data kredensial (Username & password) dari si korban.  Modusnya bisa beragam, mulai dari impersonasi (berpura-pura jadi orang atau intitusi tertentu), lowongan kerja palsu, love scam, dan sebagainya. Oleh karena itu penting bagi kita untuk dapat selalu berpikir kritis saat berinteraksi dengan orang di internet, sekaligus meningkatkan keamanan digital kita.



Selain berpikir kritis, berikut beberapa tips untuk meningkatkan keamanan digital:
  • Gunakan password yang kuat dan berbeda di setiap akunnya 
  • Pastikan mengaktifkan 2FA (Two-Factor Authentication) di semua akun 
  • Jangan oversharing, membagikan data pribadi, di media sosial 
  • Waspada dengan file atau tautan yang tidak dikenal yang dikirimkan lewat email, media sosial atau aplikasi chatting 
  • Jangan merespon panggilan telepon / chat yang tidak jelas 
  • Install aplikasi hanya dari tempat resmi (mis: AppStore atau PlayStore) 
  • Hindari melakukan transaksi penting saat menggunakan wifi publik
Bahan edukasi dan tools untuk meningkatkan keamanan digital ini bisa diakses di privasi.id.

Bimtek ini diikuti oleh sekitar 60 Duta Humas Kwarda Jawa Tengah yang merupakan perwakilan dari Kwarcab di kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Mereka bertugas untuk dapat mengelola akun media sosial, meliput kegiatan dan membuat berita, sampai mengembangkan konten. 

Komentar